-->

Terdeteksi Idap Kanker Payudara? Jangan Panik, Segera Cari Pengobatan



Buat rekan - rekan wanita mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan tentang penyakit kanker payudara yang menjadi momok buat kita semua.
Semoga membawa manfaat buat kita semua...
Salam...
Apakah Itu Kanker Payudara?
Kanker payudara adalah suatu keganasan yang berkembang pada jaringan payudara. Kanker adalah suatu penyakit yang terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Kanker payudara lebih umum terjadi pada wanita, namun pada pria kanker payudara juga mungkin terjadi hanya saja jumlahnya sangat kecil.
Jenis kanker payudara yang umum
Penyebaran Kanker Payudara
Kanker payudara memiliki potensi untuk menyebar tidak hanya ke jaringan disekitar sel kanker tapi juga ke organ lain yang lokasinya relative jauh dari tempat asalnya. Penyebaran ini tergantung pada stadium kanker payudara, umumnya terjadi pada kanker payudara yang sudah stadium lanjut. Ada beberapa jenis dan sub jenis kanker payudara yang menyebar
Sering terjadi pada:
  • Kanker payudara jenis inflamasi (terjadi di kulit)
  • Penyakit puting Paget’s
Gejala Kanker Payudara
  • Adanya benjolan atau penebalan pada payudara atau ketiak
  • Terjadi perubahan ukuran atau bentuk payudara
  • Ada cairan pada puting susu namun bukan ASI
  • Terjadi perubahan ukuran atau bentuk puting payudara
  • Terjadi perubahan warna atau tekstur puting atau areola, bisa juga terjadi perubahan pada kulit payudara itu sendiri (lesung, ruam)
Nyeri pada Payudara
Pada stadium dini kanker payudara mungkin tidak akan menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan payudara secara rutin, baik itu dengan pemeriksaan sendiri (Pemeriksaan Payudara Sendiri) atau dengan metode yang lebih canggih seperti mamografi, tentu saja untuk melakukan ini harus dibantu oleh dokter. Dengan pemeriksaan secara rutin ini diharapkan anda akan mengetahui jika terjadi perubahan pada payudara.
Namun yang harus diingat adalah banyak benjolan dan ruam yang bukan merupakan kanker dan dapat memberikan respon yang baik pada pengobatan.
Saat ini perkembangan pengobatan pada kanker payudara sangat berkembang pesat dan tentunya target pengobatan adalah 100% bebas dari kanker payudara. Pemeriksaan secara dini sangatlah membantu dan menjadi kunci bagi keberhasilan pengobatan kanker payudara.

sumber :http://tentangkanker.com/2011/mengenal-kanker-payudara-lebih-dini/

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Jangan takut menghadapi kanker. Penyakit ganas ini sebetulnya bisa diobati. Sama dengan kanker payudara yang ditakuti sebagian besar wanita. Pesan ini disampaikan onkolog, dr Saptadi Setia Basuki Sp B Onk, dalam acara "Deteksi Dini Kunci Pencegahan dan Penanganan Kanker Payudara". "Tidak perlu khawatir. Semakin cepat dideteksi maka kesempatan untuk sembuh semakin besar," ujarnya.

Saptadi mengatakan, keterlambatan pengobatan umumnya disebabkan pasien yang ketakutan. Ketakutan ini disebabkan minimnya informasi yang didapat. Belum lagi anggapan pasien tentang mahalnya pengobatan kanker. Pasien juga umumnya salah informasi mengenai dampak chemotheraphy dan operasi pengangkatan kanker. Hal ini juga didukung minimnya dukungan keluarga untuk segera mengobati kanker.

Padahal semakin cepat pasien berobat ke dokter, pengobatan akan semakin mudah dan murah. Kebanyakan pasien baru mengunjungi dokter  ketika tingkat serangan mencapai 50 persen.

Parahnya kanker digolongkan menjadi beberapa stadium. Semakin tinggi stadiumnya maka kesempatan untuk hidup semakin kecil. Pada stadium satu penderita kanker memiliki kesempatan hidup seratus persen. Pada stadium dua kesempatan hidup menurun jadi 70 sampai 80 persen. Sedangkan pada stadium tiga daya survival pasien menjadi 60 persen. Paling parah adalah pada stadium empat atau stadium akhir. Kesempatan hidup pasien hanya 20 persen.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter